Home » , » Sosialisasi Manhaj Tarbiyah 1433H DPC PKS Ciomas

Sosialisasi Manhaj Tarbiyah 1433H DPC PKS Ciomas

Written By Radio Madani on Monday, March 25, 2013 | 10:48 PM



PksCiomas - Pada hari Ahad, tanggal 24 Maret 2013 pukul 09.00 Wib diadakan sosialisasi Manhaj Tarbiyah 1433 H di SDIT Kaifa Bukit Asri Ciomas Bogor untuk anggota Pemula Partai Keadilan Sejahtera DPC Ciomas Bogor. Sosialisasi ini dibawakan oleh Ustadz Hajarul Aswad. Kegiatan ini seharusnya sudah dilaksanakan pada bulan yang lalu, karena ada Pilgub Jabar sehingga sosialisasi Manhaj 1433 H ini tertunda dan baru bisa dilaksanakan hari ini. Sosialisasi ini khusus untuk kader  anggota muda sedangkan untuk jenjang di atasnya sudah dilaksanakan terlebih dahulu. Hanya dengan infaq Rp5.000,- peserta dapat buku Manhaj Tarbiyah 1433 H dan dapat konsumsi walau hanya dua potong kueh dan air mineral, bagaimana gak murah hehe. Dari target yang diundang 60 orang yang diundang hanya 40 orang yang bisa menyatakan bisa hadir.  Diawal waktu acara, peserta yang hadir masih sedikit hanya 16 orang namun seiring waktu yang terus bergulir akhirnya peserta nambah banyak, bahkan ada yang datang di penghujung acara, weleh weleh, mudah-mudahan setelah mendapatkan sosialisai manhaj ini peserta menjadi tambah semangat dalam merespon setiap agenda dakwah.

   
Alhamdulilah acara berlangsung dengan lancar dan khidmat dan penjelasan dari pembicara cukup jelas dan hanya menjelaskan yang inti-intinya saja, sedangkan untuk lebih detailnya bisa dibaca di buku Manhaj Tarbiyah 1433 H yang sudah dibagikan ke pada setiap peserta. Acara dimulai pukul sembilan dipandu oleh pembawa acara Akh Alam, diawali dengan pembacaan kalam ilahi, sambutan dari kaderisaisi dpc Ustadz Hendra, dilanjutkan dengan materi sosialisasi Manhaj Tarbiyah1433 H dan ditutup dengan doa oleh Akh Arif Apriansyah. Manhaj Tarbiyah 1433 H ini disusun tahun lalu (1433 H) oleh lembaga kajian Manhaj Tarbiyah (LKMT) dan baru disosialisasikan sekarang (Tahun 2013). Mengapa baru sekarang disosialisasikan? Pembicara menjelaskan bahwa hal ini menunjukkan bahwa penyusunan Manhaj ini tidak asal asalan, Manhaj ini adalah mega proyek dan merupakan hasil kajian dan hasil dari pengalaman bertahun tahun.  

Materi Manhaj Tarbiyah di awali dengan penjelasan Pengantar Umum Tarbiyah, yaitu bahwa Islam adalah Agama Dakwah dan Tarbiyah yang mempunyai tujuan yang paling utama adalah untuk mendapatkan ridho Alloh SWT (ada 7 tujuan Dakwah Islam). Pembicara menjelaskan bahwa tujuan tarbiyah adalah untuk mendapatkan ridho Alloh Ta'ala bukan yang lainnya sedangkan kenikmatan yang diperoleh kader dari tarbiyah itu hanya efek samping aja dari proses tarbiyah. Kalo orang bergabung ke tarbiyah untuk mencari jabatan maka tidak akan mendapatkannya karena jabatan adalah amanah dan terbatas, jika ingin mendapatkan harta juga tidak bisa mendapatkannya malah kita yang mengeluarkan harta untuk kegiatan tarbiyah.

Dalam pemaparannya, dijelaskan juga mengapa ada perubahan Manhaj Tarbiyah 1433 yang sebelumya ada Manhaj 1421 H menjadi Manhaj Tarbiyah 1427 H yang selanjutnya direvisi menjadi Manhaj Tarbiyah 1433 H. Dijelaskan juga mengenai Desain Manhaj Tarbiyah 1433 H dan Manajemen Tarbiyah dan seterusnya yang untuk lebih jelasnya bisa dibaca di Buku Manhaj Tarbiyah 1433 H. Sosialisasi ini berakhir pukul 11. siang, mundur satu jam dari jadwal yang sudah ditetapkan dikarenakan sedang ada pemilihan kepala desa di wilayah Kecamatan Ciiomas, kecuali Kelurahan Padasuka.

Kita berharap mudah-mudahan setelah sosialisasi ini para kader di semua jenjang dapat memahami Manhaj Tarbiyah 1433 H ini dengan baik dan menjadi evaluasi bagi setiap kader dan juga murobbinya apakah pelaksanaan tarbiyah saat ini sudah sesuai dengan Manhaj Tarbiyah 1433 H. Allohu Akbar...Tetap Semangat!,(bw)




Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | PKS PIYUNGAN
Copyright © 2011. PKS Ciomas Bogor - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger